Pilih tipe rumah 30 atau 36 ?dan penjelasan lengkapnya

Dari sebagian banyak orang yang membeli rumah kebanyakan akan bimbang memilih tipeapa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Karena tidka memahami perkara ini banyak diantara pembeli yang memilih tipe paling murah untuk menyelesaikan masalah mereka. Padahal belum tentu itu pilihan terbaik.


Salah satu opsi yang paling cukup rumit adalah memilih tipe rumah 30 atau 36 karena perbedaanya sangat tipis dari segi ukuran dan harga.

Perlu anda ketahui, bahwa kedua tipe rumah ini memiliki jumlah kamar yang sama, yaitu ukuran kamar 3×3 meter dengan 1 kamar mandi. Lalu apa perbedaan utamanya?
… Jawabanya satu, yaitu Kenyamanan.

Saya telah mengumpulkan banyak pengalman orang membeli rumah dan kebanyakan dari mereka menyarankan saat kita akan membeli rumah kecil ada baiknya sekalin membeli tipe rumah 36 atau memilih menabung, daripada dengan uang seadanya namun hanya dapat tipe 30.
… dan alasan kebanyakn dari mereka kebanyakan sama, rumah tipe 30 cenderung desainya dipaksakan.

Contoh langsung perbedaan rumah tipe 30 dan 36

Untuk memahami perbedaan yang banyak dikatakan oleh orang yang berpengalaman membeli rumah pertama dan apa yang saya maksudkan, ada baiknya kita melihat contoh langsung nya.

Gambar dibawah adalah contoh dari rumah tipe 30.

Dari gambar diatas dapat kita lihat ada “Ruang Tamu + Ruang keluarga + Dapur +Tempat makan” dipaksakan dalam satu ruangan yang berukuran 3 meter persegi.

Hal ini akan sangat tidak nyaman terutama ketika anda menerima tamu. Tidak ada batasan zonasi antara bagian umu dan private. Namun jika anda memberi sekait diantara ruangan ini dengan partisi tentu ruangan akan terasa lebih sempit dengan sekat ditengah ruangan berukuran hanya 3 meter persegi.
… intinya permasalahan ini akan timbul dalam jangka panjang.

Disisi lain rumah dengan tipe 36 memiliki keunggulan batasan pada bagian zona public dan private ini. Seperti bisa kita lihat pada gambar dibawah.


Pada contoh gambar rumah tipe 36, ada sekat terpisah antara “Ruang keluarga dan public, dengan Dapur dan tempat makan”. Setidaknya anda bisa lebihn nyaman mengurus dapur disaat ada tamu datang ke rumah. Atau anda bisa menyiapkan makanan lebih tenang disaat keluarga sedang bersantai di ruang keluarga.

Faktor kenyamanan ini memang tidak begitu terasa diawal-awal pernikahan, namun akan semakin terasa saat anak mulai bernjak dewasa dan anda juga mulai menerima tamu baik dari keluarga, tetangga, ataupun teman kerja yang berkunjung.

Perbedaan harga antara Rumah tipe 30 dan 36

Untuk mempermudah anda dalam mempertimbangkan, ada baiknya anda juga mengerti perbedaan investasi dari kedua rumah ini. Dan untuk menghindari bias informasi, saya coba berikan informasi perbandingan harga pada perumahan yang sama namun dengan tipe rumah yang berbeda.

Untuk mencari perumahan dengan data yang tepat tidak mudah, jadi saya bantu berikan beberapa referensil.

Salah satu perumahan di Jogja, perbandingan antara rumah 27 meter dengan harga 350 jutaan dan 36 meter 388 jutaan. Jarak harga kedua tipe rumah ini berjarak 38 jutaan.

Salah satu perumahan di Boyolali Jawa tengah, menawarkan rumah dengan tipe 32 meter dengan harga 195 juta dan rumah tipe 36 meter dengan harga 210 juta. Jarak harga kedua tipe rumah hanya 15 juta.

Salah satu perumahan di Bogor, menawarkan rumah dengan tipe 30/60 dengan harga 234 jutaan dan rumah tipe 36/72 dengan harga 280 jutaan. Ada perbedaan harga sekitar 46 jutaan, perbedaan yang cukup jauh ini jgua disebabkan luas tanahnya berbeda 12 meter persegi.

Belajar dari ketiga contoh kasus diatas dapat kita simpulkan sebenarnya perbedaan harga rumah tipe 30 dan 36 tidak begitu jauh. Adapun perbedaan harga yang cukup jauh terjadi apabila ukuran tanahnya juga berbeda atau lebih luas.

Ini menjadi salahs atu alsan kuat kenapa banyak sekali orang yang sudah berpengalaman memiliki rumah menyarankan untuk sekalian mengambil rumah tipe 36 ketimbang membeli rumah tipe 30 yang sedikit lebih murah.

Jika hanya untuk rumah sementara tipe manakah yang lebih baik

Misalkan dalam satu kondisi anda memiliki mindset investasi. Yaitu membeli rumah pertama dahulu, setelah memiliki dana yang lebih untuk membeli rumah berikutnya rumah sebelumnya dijual lalu pindah.
Ditambah harga properti toh selalu naik.

Beberpa ahli finansial membenarkan jika anda memiliki mindset seperti ini karena anda tidak memaksakan kehendak dalam membeli rumah yang diinginkan dan disesuaikan dengan kemampuan finansial anda.

Namun jika memang anda memiliki mindset investasi dan dalam waktu mungkin 10,15,20 tahun mendatang anda akan menjual rumah tersebu, bukankah ada baiknya adna memilih rumah yang paling dicari dan paling cepat dijual?
… manakah dari kedua tipe yang paling dicari oleh banyak orang ?

Saya ingin membantu anda dengan memberikan data trend pencarian di Google.

Data diatas saya ambil dari Google trend yang merupakan data pencarian google. Untuk membaca data tersebut yang perlu dipahami adalah,

  • Biru melambangkan minat orang dalam mencari Rumah tipe 36
  • Merah melambangkan minat orang dalam mencari Rumah tipe 30

Dan bisa diambil kesimpulan bahwa pencarian orang dan minat orang dalam mencari rumah tipe 36 jauh lebih tinggi dibandaingkan tipe 30.

Informasi ini saya konfirmasi dengan data angka di dalam Google adwords (platform periklanan google), dan hasilnya adalah:

  • Orang yang mencari Rumah tipe 36 sekitar 30 orang setiap bulanya
  • Orang yang mencari Rumah tipe 30 berjumlah 0 setiap bulanya

Dari data-data diatas bisa disimpulkan, tipe rumah yang paling cocok untuk investasi dan lebih mudah untuk dijual di kemudian hari adalah rumah tipe 36.

Kesimpulan

Sudah kita bahas perbandingan kedua tipe rumah ini dari berbagai sisi. Dari segi kenyamanan, segi perbandingan harga, dan dari sisi investasi.

hasilnya ternyata tidak ada alasan untuk tidak memilih rumah tipe 36 sebagai pilihan utama.

Recent Posts