Berapa Ukuran Rumah Tipe 36 ?

rumah tipe 36

Salah satu pertanyaan yang sering kali ditanyakann oleh para pencari rumah adalah lebar dari rumah tipe 36. Karena lebar ini akan snagat berkaitan kerat dengan kenyamanan penhuni rumah. Dan dari pengalmaan saya berjualan saya bisa mengambil kesimpulan seperti ini.

Ukuran Rumah Tipe 36

  • Luas total 36 meter persegi
  • Lebar depan 6 meter
  • Panjang ke belakang 6 meter
  • Kamar utama 3 meter x 3 meter
  • Kamar anak 3 meter x 3 meter
  • Dapur 3 meter x 2 meter
  • Toilet 1,5 meter x 1,5 meter
  • Ruang Keluarga + Ruang Tamu 3 meter x 3 meter

Mungkin yang jadi pertimbangan berikutnya adalah tingkat kenyamanan pada rumah dengna lebar tersebut. Maka saya coba membantu anda untuk menjabarkan tentang tipe rumah 36 ini.


Visuaslisai ukuran rumah tipe 36

Gambar dibawah ini adalah contoh denah dari rumah tipe 36 yang paling sering dijual di pasaran.

Tanah yang dimanfaatkan dari denah seperti diatas adalah tanah berukuran 60 meter yang juga merupakan ukuran terkecil dari lahan tanah untuk rumah tipe 36.

Walaupun dengan lahan terkecil seperti ini rumah tipe 36 masih bisa menikmati taman privasi di belakang rumah seluas 2 meter x 3 meter.


Apakah lebar depan 6 meter sudah cukup nyaman?

Dari pengalaman banyak orang yang sudah pernah membeli rumah dan juga banyak nya desain arsitektur yang berkembang, mereka memiliki pendapat bahwa rumah yang nyaman minimal memiliki lebar 6 meter.

Dengan lebar 6 meter anda bisa mendapatkan dua ruang berdampingan yang biasanya satu digunakan untuk ruang tamu keluarga, dan satunya lagi digunakan untuk kamar.


Bisakah Rumah tipe 36 Dibuat Jadi 3 Kamar?

Jika berdasarkan ilmu arsitektur pada umumnya kita sangat membutuhkan taman bagian belakang. Karena dengan adanya taman belekang rumah udara akan mudah untuk mengalir, rumah akan terasa lebih sejuk secara alami. Jadi dengan menambah kamar hanya akan membuat rumah terasa sumpek.

Satu-satunya cara terbaik untuk menambahkan kamar pada rumah tipe ini hanya dengan cara menjadikanya dua lantai. Dan tentu jika tidak ingin terlalu banyak dana kita habis di pekerjaan bongkar pasang, maka ada baiknya sudah disapkan dari awal untuk dijadikan rumah dua lantai.


Bagaimana dengan rumah yang lebar nya dibawah 6 meter?

Saya sendiri pernah melihat satu perumahan dengna lebar depan hanya 5,5 meter. Menurut saya rasanya rumah ini terlalu sempit. Jika calon pembeli memiliki kem ampuan finansial yang lebih saya sarankan untuk mengambil tipe dengan lebar minimal 6 meter agar bisa merasakan manfaat jangka panjang.

Apa yang akan terjadi dengan lebar 5,5 meter ?

Anda akan mempunyai dua pilihan yaitu memilih kamar untuk lebih kecil atau ruang tamu yang akan jadi lebih kecil. Salah satu contoh kasusnya pada perumahan yang ada di Jogja. Karena hanya memiliki lebar 5,5 meter, akhirnya 3 meter digunakan untuk ruang tamu dan 2,5 meter untuk kamar utama. Akhirnya kamar utama akan terasa sempit dan tidak muat banyak lemari dan kasur pun hanya muat ukuran sedang.


Cara memaksimalkan ukuran ruang rumah tipe 36

Rumah Tipe 36 memiliki ukuran yang kecil sehingga untuk menambah ruang akan sangat sulit bahkan tidak mungkin. Oleh karenanya penataan yang baik pada area dalam rumah akan menjadi langkah utama untuk memaksimalkan ukuran ruang rumah tipe 36.

1. Solusi ruang tamu yang terlalu sempit

Teras yang dimiliki oleh rumah tipe 36 bervariatif tergantung bawaan dari Developer. Ukuran paling luas yang pernah saya temui adalah sekitar 2 meter x 3 meter. Dengan ukuran tersebut sudah cukup untuk menata teras rumah menjadi ruan tamu.

Manfaat dengan membuat teras depan menjadi ruang tamu adalah pada bagian ruang keluarga akan terasa lebih lega, interaksi antar keluarga bisa lebih maksimal. Ditambah dengan kondisi wabah yang menjadikan kita lebih berhati-hati untuk mempersialhkan tamu masuk ke rumah.

Untuk ruang tamu dengna ukuran 2 meter x 3 meter paling nyaman adalah dengan menyediakan meja dan kursi tamu yang selain cantik, elegan , namun juga memiliki material yang tahan dan awet.

Jika anda sedang mencari meja untuk ruang tamu luar yang paling laris di pasaran dan punya banyak testimoni puas akan produknya saya rekomendasikan set meja ruang tamu dari informa di link ini.

2. Solusi ukuran dapur kecil agar efektif

Area dapur untuk rumah tipe 36 memiliki ukuran yang cukup sempit, yaitu di kisaran 2 meter x 2meter. Ditambah masing-masing rumah dan masing-masing pemilik rumah memiliki kebutuhan akan dapurnya. Ukuran, kondisi, dan kebutuhan menjadikan dapur sebagai tempat yang harus dirancang se efektif mungkin.

Oleh karenanya hal terbaik yang bisa kita lak,ukan pada area dapur adalah dengan custom ukuran furniture yang kita butuhkan. Hal terpenting untuk custom firniture adalah memilih vendor berpengalaman dan terpercaya.

Ada baiknya dalam merancang kitchen set kita tidak setengah-setengah dalam material dan memilih vendor yang tepat. Oleh karenanya jika memang saat ini masih belum mencukupi secara budget, maka ada baiknya untuk menahan diri dan menabung terlebih dahulu.

Menurut opini saya catatan yang paling penting untuk kita pahami saat berencana membuat custom kitchen set bukan hanya sekedar murah dan banyaknya jumlah storage atau penyimpanan yang ada, melainkan efektifias penyimpanan, aergonomi, serta konsep yang cantik.

Dengan alasan itu saya lebih memilih untuk memilih vendor terpercaya dan besar daripada vendor kecil yang memberikan kuantitas lebih tinggi namun kualitas cukup rendah dan kurang memuaskan seperti terlalu banyak bagian yang tidak terpakai, tidak bisa di jangkau karena terllau tinggi, membuat dapur mudah kotor, atau bahkan posisi yang terlalu tinggi.

3. Solusi perabot yang membuat ruangan penuh

Memilih furnture dan dekorasi untuk rumah tipe 36 adalah satu tantangan tersendiri. Karena furniture dan dekorasi yang kita pilih haruslah efektif, dimensinya kecil, dan memberikan kesan tambahan kepada ruangan.

Memilih perabot yang tidak efektif, dimensinya terlalu besar, dan pewarnaanya tidak bagus malah akan memberikan kesan rumah semakin sempit dan kurang elegan.

Salah satu perabot yang kita sangat perlu hati-hati untuk memilihnya adalah meja tengah. Banyak orang yang terlalu meremehkan meja tengah di ruang tamu atau kelaurga sehingga ruang terasa ada penghalang dan mengganjal.

Salah memilh dekorasi juga menyebabkan rumah terasa sempit. Pemilihan jam dan dekorasi tambahan dinding yang kecil sangat saya rekomendasikan di bandingkan dekorasi yang besar dan membuat rumah terasa kecil.

4. Solusi satu kamar untuk dua anak

Akhir-akhir ini semakin berkembang berbagai jenis perbaotan yang menggabungkan beberapa fungsi sekaligus dalam satu perabot. Seperti menggabung kasur dengan meja belajar, atau membuat kasur menjadi dua tingkat sekaligus.

Rumah tipe 36 umumnya memiliki satu kamar anak dengan ukuran 3 meter x 3 meter. Ukuran ini akan sangat cukup jika kamar hanya digunakan untuk tempat tidur untuk dua anak. Namun tidak akan cukup jika kamar tersebut juga akan digunakan sebagai ruang belajar.

Solusinya adalah menggunakan perabotan seperti kasur dan meja belajar yang efektif. Bisa dengan memilih kasur tipe tingkat agar memiliki ruang yang cukup untuk dua meja belajar. Bisa juga dengna solusi lain berupa kasur sekaligus meja belajar untuk dua anak.

5. Solusi kurangnya teras rumah untuk bersantai

Kebanyakan rumah tipe 36 memiliki 2 taman kecil , yaitu pada bagian depan rumah dan bagian belakang rumah. Kedua taman ini penting untuk tetap ada. Taman depan memiliki alasan garis sempadan jalan dan taman belakang penting untuk sirkulasi udara seluruh rumah.

Dari kedua taman ini sebenarnya yang paling penting adalah taman belakang. Karna taman belakang adalah taman yang berada di area privasi kita. Dengan begitu kita bisa berjemur, bermain, atau bersantai di area belakang lebih maksimal dibandingkan dengna area depan.

Jika anda masih membutuhkan ruang yang lebih , anda bisa menggunakan taman depan rumah sebagai kolam ikan kecil dan sisanya bisa anda manfaatkan sebagai tempat bersantai.

Recent Posts