Arti tipe Rumah 36/72 serta penjelasan lengkapnya

Bagi anda ynag sedang mencari rumah terutama di perumahan akan sering kali mendengar istilah tipe-tipe rumah, dan salah satu yang paling sering kita dengar adalah tipe 36/72 Apasih artinya?

Tipe rumah penjelasanya adalah LB/LT atau luas bangunan / Luas tanah.
Jadi angka pertama adalah keterangan luas bangunanya yaitu 36 meter persegi sedangkan angka kedua merupakan keterangan luas tanahnya 72 meter persegi.

mengikuti dari penjelasan tersebut, sering juga kita denganr istilah tipe 36/60. 36/80, atau 36/90.
Maka luas bangunanya 36 meter persegi, berdiri diatas tanah seluas 80 meter persegi, atau berdiri diatas tanah 90 meter persegi, atau rumah tersebut berdiri diatas tanah 110 meter persegi.

Yang perlu dicatat luas tanah yang diberikan bukan luas tanah kosong, melainkan luas tanah keseluruhan.

Sebagai contoh dan gambaran tentang rumah tipe 36 yang ada di pasaran perumahan yang ada di indoenesia, anda bisa melihatnya pada gambar dibawah.

Diatas adalah contoh dari salah satu unit rumah yang dipasarkan di daerah semarang timur dan dekat kota. Agar menjadi referensi kita salah satu cara memanfaatkan lahan untuk tipe ruma 36.

Cara menghitung rumah tipe 36 secara benar

Menghitung luas bangunan yang benar adalah dengan cara menghitung luas setiap ruang yang ada pada denah dan menjumlahkanya. karena yang dihitung adalah ruang, maka bagian teras, carport, dan taman interior tidak dihitung.

Contoh perhitungan rumah dengan luas 36 dapat anda lihat pada gambar dibawah ini.

Dari perhitungan seperti gambar diatas ketika dijumlahkan akan didapatkan luas bangunan 36 meter persegi, sesuai dengan perhitungan developer.

Lalu bagaimana cara menghitung luas tanahnya?

Cara menghitung luas tanah yang benar

Dalam perhitungan luas tipe tanah, yang dihitung adalah luas tanah secara keseluruhan bukan hanya bagian terbukanya saja.
Hal ini juga berlaku untuk contoh yang kita gunakan pada contoh kasus ini …

Pada contoh kasus ini, unit rumah berada di atas tanah yang cukup presisi sehingga mudah untuk menghitung luasnya.

Cara menghitung luasnya hanya dengan mengkalikan lebar kali panjang. Lebar 6 meter dan panjang 12 meter sehingga total luasnya 72 meter persegi.

Ada berapa kamar rumah tipe 36?

Rumah tipe 36 rata rata memiliki 2 kamar dan 1kamar mandi seperti halnya rumah tipe 30. Hanya saja untuk rumah tipe 36 ruangan akan terasa lebih nyaman. Hal ini dikarenakan susunan ruang yang tidak dipaksakan seperti rumah tipe 30.

Berapa harga rumah tipe 36/72?

harga rumah tentunya bervariatif untuk tipe yang sama, alasan yang paling utama adalah pilihan lokasinya.

Dalam satu contoh kasus di daerah jawa tengah. Untuk mendapatkan rumah tipe 36 yang inden dekat dengan Kota Semarang harga cashnya adalah 350 juta.
Sedangkan jika anda mencari rumah 36/72 di daerah ungaran, anda bisa memilikinya dengan harga 175 jutaan. harga yang cukup jauh bukan.

Bagaimana tatanan rumah tipe 36 yang bagus?

Konsep dasar dari rumah yang baikadalah rumah yang memperhatikan kelancaran sirkulasi manusia, udara, dan cahaya dalam satu tananan rumah.

Untuk rumah tipe 36 yang menjadi contoh kasus kita, dari penilaian saya pribadi sepertinya rumah akan terasa lebih pengap terutama di bagian tengah.

Seperti anda lihat gambar diatas, ada beberapa kesalahan desain yang menurut saya cukup disayangkan.

  • Udara masuk dan tidak bisa lurus sehingga energi udara berkurang, ruangan kurang sejuk (hal ini padahal sangat dibutuhkan di area panas)
  • Dapur dan WC berlokasi yang sangat bersebelahan mengakibatkan perasaan tidak nyaman bagi yang sedang memasak ataupun sedang di WC.

Disisi lain, ada beberapa tipe desain yang lebih dibutuhkan terutama di daerah panas seperti semarang, jakarta, surabaya, dan lain sebagainya.

Gambar diatas sebenarnya adalah tipe rumah 30, tapi rumah ini memiliki informasi yang kita butuhkan. Toh kita hanya menggunakan contoh susunan denahnya saja.

Seperti yang anda bisa udara yang masuk dari pintu depan rumah ini energinya bisa terus mengalir hingga keluar dari belakang. Hal ini penting untuk mendapatkan cahaya maksimal dan aliran udara maksimal.

terutama jika rumah anda berada di lokasi yang cukup panas. Susunan rumah yang tepat dan meminimalisir sekat dan pengurangan energi udara akan membuat rumah lebih terang, tidak pengap, dan segar.

Lebih baik pilih rumah tipe 30 atau 36?

Dari pengalmana banyak orang yang saya ambil dair berbagai sumber diskusi, jika anda mengnginkan rumah yang nyaman ada baiknya anda menaikkan tipe rumah yang anda beli sehingga menjadi tipe 36.
Hal ini dikarenakan berbagai alasan namun yang palign utama adalah kenyamanan.

Ketika anda membeli rumah tipe 30 sebagian besar rumah tipe ini akan menggabungkan “Ruang tamu+Ruang keluarga+Dapur+Ruang makan” menjadi satu ruang 3 meter kali 3 meter. Terasa sangat sesak.

Sedangkan jika anda membeli rumah tipe 36 minimal, yang akan digabungkan paling hanya bagian Ruang keluarga+Ruang tamu. Anda masih memiliki privasi lebih yang cukup penting pada bagian dapur dan ruang makan anda.

Recent Posts