Arti rumah tipe 40 dan variasinya 40/72, 40/80, dll

Salah satu tipe rumah yang cukup luas dipasarkan di perumahan adalah tipe 40. Tipe ini adalah tipe yang cukup sering dipasarkan di banyak jenis perumahan. Sasaran pasarnya pun biasanya adalah orang kelas menengah. Lalu apa arti dari tipe rumah 40?

Tipe rumah 40 adalah rumah dengan luas bangunanya 40 meter persegi. Lingkup yang dihitung adalah seluruh bangunan rumah kecuali teras depan belakang, dan carport.

Tipe rumah 40 baisanya memiliki 2 kamar, dengan lebar 3 meter, dan memiliki 1 kamar mandi.

Kelebihan dari tipe ini adalah anda memiliki ruang yang cukup luas terutama pada bagian tengah. Sehingga anda bisa memiliki Ruang tamu dan Dapur di ruang yang berbeda sehingga memberikan kenyamanan lebih. Hal ini yang tidak anda dapatkan pada rumah tipe 36

Untuk memahami informasi lebih jelas, dibawah ini adalah salah satu conoth rumah tipe 40

contoh denah rumah tipe 40 dengan lebar 8 meter\

Cara menghitung rumah tipe 40

Cara menghitung luas bangunan adalah dengan menghitung setiap sudut dari bangunan tersebut mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, Kamar, dapur, dan wc. Bagian yang tidak dihitung adalah teras (baik depan atau berlakang) dan carport.

Untuk memperjelas cara menghitung rumah terutama tipe 40, anda dapat melihatnya pada gambar dibawah ini

Seperti contoh diatas, hasil dari pehitungan adalah rumah ini memiliki luas bangunan 40 meter persegi.


Apa arti dari 40/72, 40/80, 40/90, dan lain sebagainya

Jika rumaht tupe 40 diartikan sebagai luas bangunanya jika ditotal adalah 40 meter persegi (tidak termasuk teras dan carport), maka “/72” adalah keterangan luas tanahnya., yaitu 72 meter persegi.

pada contoh gambar denah diatas, rumah tersebut berdiri diatas tanah yang panjang ke belakang nya 8 meter dan lebarnya 9 mter. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rumah tersebut berdiri ditas tanah (9 x 8 = 72) … 72 meter persegi.

Mengikuti dari rumus tersebut, artinya ketika ada tipe rumah:
40/80: Yaitu rumah tipe 40 meter persegi diatas tanah 80 meter persegi
40/90: Yaitu rumah tipe 40 meter persegi diatas tanah 90 meter persegi.
.. dan luas-luas berikutnya.


Berapa lebar rumah tipe 40?

Lebar rumah tipe 40 bisa bermacam-macam, tapi biasanya ukuran yang paling serig di pasaran adalah lebar 6 meter. Berikutnya ada juga opsi dengan lebar 7 meter dan 8 meter. Untuk lebar lebih daripada lebar tersebut biasanya hanya didapatkan di tanah lokasi Hook (ujung).


Pilih rumah tipe 40 yang memanjang atau melebar?

Salah satu pilihan yang cukp berat adalah memilih tipe yang memanjang dan melebar. Hal ini mungkin dikarenakan minimnya pengetahuan akan faktor-faktor yang membuat rumah nyaman.

Faktor yang suatu rumah menjadi nyaman adalah tiga faktor, sirkulasi orang, sirkulasi udara, dan sirkulasi cahaya. Semakin baik rancangan rumah terhadeap sirkulasi ini maka rumah pun akan semakin nyaman.

Pada rumah tipe memanjang, sirkulasi cahaya dan udara jaraknya semakin jauh. Ketika rumah tidak didesain dengan baik apalagi banyak sekat, maka udara yang masuk ke rumah akan kehilangan tenaga atau engerginya sehingga aliranya menghilang di tengah.

Dalam rumah yang memanjang pun perlu di rancang sedemikian mungkin agar cahaya dapat masuk ke setiap sudut ruangan sehingga tidak ada bagian yang gelap dan lembap.

Sedangkan untuk umah tipe melebar udara akan lebih mudah mengalir masuk dari pintu depan dan keluar dari taman belakang. Cahaya matahari pun akan semakin mudah untuk menerangi setiap sudut ruangan sehingga rumah akan terang dan tidak ada yang lemabp.

Gambar diatas merupakan contoh perbedaan antara rumah tipe 40 yang memanjang atau yang melebar.

Recent Posts